Jumat, 28 Oktober 2016

Hak Asasi Manusia dalam Pandangan Islam




Pengenalan Pendidikan Hak Asasi Manusia menurut Pandangan Islam
Abd.Basit
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
e-mail :Ibnqosim@gmail.com
Abstrak
Setiap manusia pasti memiliki sesuatu yang sangat mendasar dalam dirinya yang tidak ingin dibatasi oleh orang lain apapun bentuknya, yakni Hak Asasi Manusia. Dalam ajaran Islam dengan segala konsekuensi, Hak Asasi Manusia begitu mendapat perhatian besar dan sangat dihormati,termasuk dalam urusan ibadah. Pada dasarnya pelanggaran hak asasi manusia dilatarbelakangi oleh ego pribadi dan kesombongan atau merasa mempunyai kekuatan yang lebih terhadap orang atau bangsa lain, dengan dalih membela diri atau penegakkan demokrasi.. Kondisi ini bisa diperbaiki dengan cara menanamkan dan meperkenalkan pendidikan hak asasi manusia sejak dini . Inilah didikan yang terus dikampanyekan  oleh Islam sepanjang masa yang diperankan oleh Nabi Muhammad beserta para sehabatnya.Fakta ini bisa dilihat dalam sejarah Perjanjian Hudaibiyah, peristiwa Hijrah,  Pathu Makah atau Piagam Madinah Semua peristiwa tersebut penuh dengan nilai-nilai pembelajaan Hak Asasi manusia, bahkan para sejarawan dunia mengatakan peristiwa itu jauh lebih moderen dengan peradaban manusianya.
            Kata Kunci: Pendidikan, Pengenalan, Hak Asasi Manusia, Pandangan Islam

Introduction of Human Rights Studies in Islam
Abstract
There should be something very principal in every human being possesses that could not be bordered. We call it as a human rights. In Islamic studies, human rights has a very special and respected place, including when it comes to conduct the deeds or prayers. On its very basic, these happen due to our selfishness and conceit that lead us to feel more powerful and at the end making them as self defense in order to enforce the democracy.This could be fixed by implementing and introducing human rights studies from th early age. This is the spirit that Islam brings to campaigned at the time our Prophet Muhammad. The empirical facts about how Islami puts human rights in a very righteous place on its laws could be seen on Hudaibiyah Agreement, The Hijrah, Fathu Makkah, and Madina Pact. Those facts are perfect examples the world hostorians to said that human rights enforcement has been treated more modern than its human civilization on its time.
            Keywords: Introduction, Human Rights, Studies, Islam


I
PENDAHULUAN
slam adalah agama samawi yang diciptakan  Allah SWT dan telah disampikan oleh para Rasul untuk kepentingan manusia baik yang berhubungan dengan urusan dunia atau akhirat, sehingg ajaraan dan nilai yang ada dalam islam tidak ada yang bertentangan dengan fitrah manusia itu sendiri sebagai khalifah baik bagi dirinya terlebih orang lain
واذ قال ربك للملاءكة اني جاعل فى الارض خليفة
Artinya  Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah muka bumi ini.( Q.S. Al Baqoroh,30)
Manusia merupakan mahluk sempurna karena dalam dirinya ada unsur akal, hawa nafsu dan hati sebagai alat kontrol yang netral. Penciptaan manusia  mempunyai tugas dan misi khusus.Mereka diberikan kebebasan dan kepercayaan untuk memilih hidup dengan inisiatif, kreatif serta inovatif sebagai khalifah.Itulah nilai-nilai Hak asasi manusia. Tetapi tetap ada tanggungjawab dan konsekwensi setalah kematian, karena mereka telah diberikan ajaran dan tuntunan hidup melalui para Rasul.
Islam hadir ditengah umat manusia sebagai agama rahmat   tanpa perbedaan hak.   dan mengembalikan hak hidup orang lain, itulah yang kita kenal dengan Hak Asasi Manusia. . Elemen-elemen ini terdapat dalam sumber Islam. Memang Al Qur’an tidak  berbicara spesifik tentang hak asasi manuisa. Dalam Al Qur’an dibicarakan tentang keadilan, musyawarah, saling menolong, menolak diskriminasi, menghormati kaum wanita, kejujuran, pendidikan, bertetangga .Rincian atas konsep-konsep itu tertuang dalam Al Qur’an dan Hadis, bahkan banyak juga para ulama yang berbicara masalah hak asasi manusia dengan kajian interpertasi yang beragam dari satu ulama terhadap yang lainnya khususnya yang terjadi pada tradisi tafsir. Karena itu nilai-nilai  adalah kelanjutan dari prinsip-prinsip ajaran islam diatas.Perbedaan antara syari’ah dan konsep hak asasi manusia terjadi pada aspek-aspek rinci (furu’iyah) sehingga secara prinsipil tidak ada problem.(Muhammad Syaltut, 1996, p.453)
Kemudian Pandangan islam tentang hak asasi manusia terbukti melalui da’wah Rasul yang tidak pernah memaksa, menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, menghormati keyakinan orang lain, memberikan hak hidup yang sama sebabagai warga negara dan hak-hak hidup lain insani yang melekat. Dalam Al Qur’an ditegaskan manusia dan jin diciptakan  cuma untuk ibadah kepada Allah SWT. Kemudian untuk melaksanakan perintah tersebut manusia mendapatkan sejumlah hak, dan hak itu diberikan oleh syariat.Berarti menurut Islam hak-hak manusia itu pemberian syariat bukan alami
وما خلقت الجن والانس الا ليعبدون
Artinya : Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada KU( Q.S.Az Zariyat, 56)
Adanya perbedaan yang mendasar antara gagasan yang mendasari Universal Declaration of  Human Rights 1948 dan pengertian Islam tentang hak asasi manuisa tampak jelas dari banyak perbedaan antara bunyi pasasi-pasal UDHR dengan pasal-pasal deklarasi Kairo tentang Hak Azasi Manusia dalam Islam, rumusan Organisasi Konpersi Islam (OKI). Misalnya, pasal 26 dari deklarasi kairo menyatakan bahwa kebebasan dan semua hak perorangan yang disebutkan dalam deklarasi itu  tergantung kepada pembenaran/pengukuhan dari syariat.Tetapi kadar perbedaan itu masih tergantung kepada bagaimana pendekatan kita terhadap Al Qur’an dan Sunah, pendekatan tekstual atau pendekatan kontekstual.

A.Sejarah Hak Asasi Manusia
Secara normatif  historis pemublikasian secara internasioanl hak asasi manusia dirumuskan oleh Perserikatan bangsa-bangsa dalam sebuah deklarasi yang kemudian populer dengan sebutan Deklarasi Hak Asasi Manusia universal ( Universal Declaration of Human Rights) tertanggal 10 Desember 1948, dengan didukung oleh 48 negara berdaulat.Secara komprehensif Rasyid Ridho menulis dalam karyanya Minal Syu’ub wal Qaba’il dari pandangan Al Qur’an tentang hak asasi manusia guna mengimbangi negara barat bicara masalah hak asasi manusia dengan banyak versi.
Hal ini juga mendapat respon dan tanggapan sejumlah anggota PBB pada saat itu dengan tujuan agar ada aturan standar tentang hak asasi manusia bagi bangsa yang mengalami tindasan dan jajahan yang sebelumnya hampir tidak ada yang peduli ketika suatu negara dijajah oleh bangsa lain, baik perebutan dan penjajahan pisik, ekonmoi, sosial budaya, atau ilmu pengetahuan bahkan pada keyakinan. Dengan terbitnya Deklarasi PBB yang berisi 30 pasal yang mempunyai substansi menjungjung tinggi martabat manusia baik secara individu atau kelompok dalam skala nasional atau internasional. Dengan terbitnya deklarasi tersebut maka suatu bangsa tidak bisa lagi seenaknya merebut dan mengganggu hak dan kebebsan yang dinikmati secara individu tanpa memandang ras,warna kulit, jenis kelamin, bahasa,agama, bahkan pada opini politik dan social.
.
B. Nilai-nilai Ham dalam Syari’ah
a. Menurut Pandangan Al Qur’an
Dalam pandangan islam kebebasan memilih hidup adalah hak setiap manusia yang tidak dapat diintervensi oleh siapapun, termasuk persoalan keyakinan. Namun begitu bukan berarti islam membiarkan manusia hidup tanpa arah dan tujuan dengan menuruti kata hati dan nafsu. Dalam hal ini Allah SWT sebagai pencipta manusia sudah menurunkan agama dengan kitab sucinya sebagai pedoman hidup yang dijelaskan oleh para Rasul sesuai dengan zaman dan kondisinya.Islam adalah agama yang dibawa oleh para Rasul diperuntukkan untuk kepentingan manusia secara komprehensif.Konsep yang terdapat dalam Islam seperti tentang ibadah, akidah,muamalah dan akhlaq.Semuanya mengatur hubungan  manusia dengan Allah SWT dan hubungan antar manusia ( hamblum minal Allah dan hamblum ninan nas ). Kedua hak ini tidak dapat dipisahkan, harus diberikan dan dilaksanakan sesuai aturan syariat.Inilah salah satu perbedaan antara konsep hak asasi manusia menurut Islam dengan konsep hak asasi manusia yang ditawarkan oleh negara dengan persfektif barat.Islam memandang hak asasi manusia adalah fitrah,harus ditegakkan tanpa melihat status sosial. Tetapi barat mendekrelasikan hak asasi manusia masih dilatarbelakangi subyektifitas kepentingan dan kekuasaan negara-negara super power dampaknya sering terjadi pelanggaran hak asasi manusia tanpa adanya penyelesaian, ironisnya tetap berlangsung, walaupun banyak negara mengecamnya.
Tidak sedikit jumlah mereka yang menentang bahkan melawan aturan yang telah dibuat oleh Allah SWT. tetapi islam tetap tidak memaksa manusia, walaupun sebenarnya Allah SWT punya hak dan mampu memaksa manusia menerima ajaran islam. Dalam Al Qur’an ditegaskan
ولوشآء ربك لآمن من فى الأرض كلهم جميعا افأنت تكره الناس حتى يكونوا مؤمنون
Artinya : Dan jika Tuhanmu menghendaki tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya, Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya.( Q.S. Yunus, 99 )
            . Manusia diberikan kebebasan menuruti kehendaknya bahkan tidak ada dikriminasi hak untuk  memilih jalan hidupnya.,seperti firman Allah SWT. dalam surah kahfi
    ومن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر
  Artinya : Barang siapa yang ingin (beriman) maka hendaklah dia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah dia kafir ( Q.S.Kahfi,29)
Dalam kitab tapsir Jalalain yang begitu dihormati dikalanngan para mufasir Imam Suyuti membuat tekanan sentral yang lebih memperjelas ayat ini dengan mengatakan “ hendak kau paksa jugakah orang untuk melakukan apa yang Allah sendiri tidak ingin melakukannya terhadap mereka (Jalaluddin Mahali,& Jalaluddin as-Suyuti.1981 p.99)  Penegasan Jalalain dapat mempertegas bahwa usaha untuk menyamakan semua perbedaan semua umat manusia adalah sebuah tindakan pelanggaran hak asasi manusia. Ini juga menunjukkan bahwa dengan perbedaan manusia didorong untuk saling menolong dan bekerjasama.Karena itu, sikap menghargai atas perbedaan di antara manusia adalah sikap primodial yang tumbuh secara organik sejak islam diserukan kepada umat manusia 1500 tahun yang lalu.
Islam menempatkan diri dengan mengakui adanya perbedaan yang sangat asasi dalam diri manusia. Seperti apa yang didapat di dalam nilai islam bahwa Rasul tidak diperbolehkan memaksa manusia untuk menjadikan muslim yang hidup berada disekitarnya ( komonitas makah-madinah atau umat rasul lainnya )  Mereka para Rasul cuma berkewajiban menyampaian Agama Allah SWT  untuk  kehidupan manusia dan  alam sekitar.
ليس عليك هداهم ولكن الله يهدى من يساء
  Artinya : Bukan tugasmu ( hai Rasul ) memberi petunjuk kepada mereka ,Tetapi Allah yang memberi petunjuk kepada siapapun yang dikenedakinya ( Q.S Baqoroh, 272)
Nampak jelas bahwa islam sangat menjunjung tinggi Nilai-nilai Hak Asasi Manusia pada soal yang sangat mendasar seperti keyakinan (aqidah) termasuk interaksi antar manusia (muamalah). Islam melarang penguasaan komoditi atau barang yang menjadi hajat dan keperluan orang banyak. Lebih dari itu, peredaran uang tidak merata karena akan menumpuk pada kelompok bermodal saja.Tentu saja hal ini akan mengundang ketidakstabilan ekonomi dalam suatu negara
كي لايكون دولة بين الأغنياء منكم
Artinya : Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja (Q.S. Al Hasyr.7)
 Bagi penerima zakat (mustahiq)  dari berbagai macam lapisan masyarakat, semua merasa diperhatikan dan diberikan haknya sesuai dengan porsinya, tidak ada yang dibedakan. Artiya tidak ada pelanggaran hak asasi manusia, karena telah terjadi pemerataan secara adil.Dengan demikian telah terjadi peredaran uang yang merata.Bahkan Islam melarang menyimpan atau mengusai barang komoditi yang menjadi bahan pokok dan hajat orang banyak dengan harapan memeperolah keuntungan besar, termasuk eksploitasi tenaga kerja dengan gaji dibawah upah minimum regional, dengan memperkerjakan anak-anak dibawah umur.  
انما الصدقة للفقراء والمسكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين وفى سبيل لله وابن السبيل
Artinya : Sesungguhnya Zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mua’llaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalaan  (Q.S Al Taubah. 60 )        
Pemahaman Insan tentang hak asasi manusia tidak serta merta datangnya, tetapi memerlukan proses pendidikan dan pembiasaan baik formal atau non formal. Karena pada persoalan hak asasi manusia yang bicara adalah hati dan naluri, bukan ilmu eksak yang serba pasti. Oleh karena itu membutuhkan figur yang menjadi panutan.Dalam Islam Rasulallah SAW adalah figur yang menjadi rujukan para sehabat ketika bicara dan implementasi hak asasi manuisa. Maka para sehabat begitu menghormati hak asasi manusia bahkan sampai tabiit tabiien.Mereka lebih mengedepankan hak orang lain meskipun harus menanggung resiko pribadi.

b. Menurut Hadist
Dalam sejarah banyak kita temui peristiwa bahwa islam sangat menghargai hak asasi manusia baik yang berhubungan dengan kehidupan sosial, politik,ekonomi bahkan dalam keyakinan. Salah satu contoh Piagam Madinah yang terdiri dari 47 point merupakan konstitusi atau undang-undang bagi negara islam yang pertama didirikan oleh Rasulallah SAW sebagai pedoman perilaku sosial (Husein Haikal, 1990) Penduduk madinah tidak dipaksa untuk menerima islam, karna itu wilayah keyakinan.Ketika Rasulallah membangun perekonomian umat islam madinah yang dimotori oleh sehabat Jubair ibn Awam mengalami kemajuan pesat, tetapi mereka tetap berinteraksi soal barang dagangan.Penomena piagam madinah dengan memberi hidup berdampingan dan bersama membangun tata kehidupan sosial menimbulkan decak kagum dari sosiolog moderen terkemuka berkebangsaan amerika,yaitu Robert N Bellah yang menyatakan bahwa kehidupan madinah yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia terlampau moderen untuk ukuran sezaman itu (Robert N.Bellah, 1976 )
Ada Peristiwa lain ketika terjadi Fathun Mekkah (Kembalinya Rasul dan sehabat ke makkah ) banyak penduduk mekkah terutama yang belum menerima islam merasakan ketakutan yang sangat takut dan merasa ada pembalasan dari umat islam .Rasulallah SAW datang bersama pasukan besar dan sangat kuat. Ketakutan itu sama sekali tidak terbukti,karena Rasul bersama sehabatnya tidak melakukan tindakan pembalasan dan kekerasan, bahkan mengayomi dan bertutur lembut kepada penduduk mekkah, diantara Beliau berkata “ Siapa yang memasuki rumah Abu Sofyan maka menjadi aman” padahal sebelumnya Abu sofyan musuh islam yang sangat mempunyai pengaruh, lalu masuk islam dan diikuti oleh pengikutnya. Dalam peristiwa lain Rasul pernah berkata “ Siapa yang mengganggu kafir Zimmi ( non muslim yang hidup ditengah komonitas pemerintahan muslim tetapi mereka membayar pajak) sama saja dia menggangguku.Peringatan ini mengindikasikan Rasul menghargai hak hidup orang lain, walaupun berbeda keyakinan
Dalam berinteraksi antar manusia ( sosial interaction- muamalah ) islam bergitu menghargai hak manusia contohnya dalam hidup betetangga atau menerima tamu begitu tinggi perhargaan itu diberikan bahkan menjadi ukuran kemimanan seorang terhadap Allah SWT dan hari kiamat.Seperti yang sabdakan dalam sebuah hadist.Islam melarang bertindak yang dapat mengganggu ketenangan atau kenyamanan hidup tetangganya.Disamping itu pula islam mengajarkan kepada umatnya menghormati tetamu dengan memberikan haknya,
من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم جاره ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه
Artinya : Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka mulyakanlah tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka hormatilah tetamunya. ( Jalaluddin, 1989, p.46)  
            .
                    المؤمن للمؤمن كاالبنيان يشد بعضه بعضا وسبك بين اصابعه     
Artinya : Seorang mu’min dengan mu’min lainnya laksana sebuah bangunan yang lain menguatkan yang lainnya bagaikan menyatunya diantara jari jemari (Abdul Ghoni Asyukur,1992, p.85)
Islam sangat membela hak hidup manusia, ketika Rasul dengan para sehabat mencari solusi terhadap tawanan perang badar bagaimana menyelesaikanya . Ada yang mengusulkan suapaya dibunuh saja, ditebus tetapi dengan harga yang tinggi dan banyak pendapat lain yang intinya kurang baik dari konteks hak asasi manusia.Namun Saidina Ali Mengusulkan agar tawanan ini tetap diberi hak hidupnya dengan cara setiap tawananan harus mengajarkan sepuluh orang muslim tentang ilmu pengetahuan atau ketrampilan. Proklamator Indonesia Bung Karno menolak penindasan manusia diatas manusia, bangsa atas bangsa (exploitation de I’homme par I’homme, exploitation de nation par nation) (Hasyim Muzadi, 2016, p.1)
           


Sabda Rasulallah SAW
         من قتل نفسا معاهدا لم يرح رائحة الجنة وان ر يحها لوجد من مسيرة اربعين عما ( راوه البحر واترمذى)
     Artinya : Barang siapa membunuh Ma’ahad ( kapir yang telah mengadakan perjanjian dengan orang muslim) maka dia tidak akan mendapati baunya surga susungguhnya baunya surga itu sudah tercium selama perjalanan empat puluh tahun ( HR Al Bahr dan Turmidzi.)
Semakin kita pahami bahwa islam sangat menghargai hak hidup  manusia, itu artinya nilai-nilai hak asasi manusia dijunjung tinggi oleh ajaran islam, karena itu fitrah bagi setiap manusia yang semua orang harus menghormati, menjamin dan memberikan keleluasaan kapan dan dimana saja mereka berada.Dewasa ini sering kita jumpai tindakan pelanggaran hak asasi manusia dengan dalih kepentingan umum berlatar belakang politik, bisnis, kekuasaan atau hukum.Banyak rakyat menjadi korban bukan saja kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian terkadang dirinya menjadi korban termasuk nama baik.Banyak kasus di negara kita yang sampai sekarang tidak pernah selesai kasusnya, walaupun  sudah sering berganti pemerintahan.Hal ini terjadi karena masih minimnya kesadaran masyarakat tentang pelanggaran hak asasi manusia.Menurut pandangan islam perbuatan ini bagian dari kesalahan yang menyangkut hak adami yang tidak bisa dimaafkan kecuali sudah mendapat maaf dari orang yang pernah dirampas hak asasinya, bahkan berdampak negatif diakhirat nanti. Oleh karena itulah islam sangat menyoroti dan sangat memperhatikan hak asasi manusia dalam banyak aspek kehidupan manusia.     

PENUTUP
Setelah penulis memaparkan Pandangan Islam tentang nilai hak asasi manusia menurut pandangan islam yakni Al Qur’an dan Hadist maka disini dapat penulis simpulkan bahwa ada lima nilai Hak asasi manusia yang esensial dan sangat mendasar dalam kehidupan manusia yaitu
1.      Penghormatan terhadap kebebasan beragama ( hifdzul dien )                           
2.      Penghormatan terhadap kebebasan kepemilikan harta ( hifdzul maal)
3.      Penghormatan terhadap kebebasan keselematan jiwa (hifdzul nafsi)
4.      Penghormatan terhadap kebebasan berpikir ( hifdzul aqli)
5.      Penghormatan terhadap menjaga keturunan ( hifdzul nasal)
Karena itu, nilai-nilai hak asasi manusia dengan prinsip-prinsipnya yang universal adalah bagian dari semangat dan nilai syariah, keduanya tidak perlu dipertentangkan, semuanya membentuk sinergitas yang harmonis.Pembentukan itu cuma bisa diperoleh malalui proses pendidikan yang terstruktur yang dibarengi dengan contoh dan keteladanan secara komprehensif, sehingga kelima nilai tersebut diatas yang merupakan hak setiap manusia yang harus dilindungi dan dihormati tanpa melihat status sosial, agama, pendidikan, keturunan, bangsa kapan dan dimanapun mereka berada.Dengan demikian untuk menyadarkan manusia betapa mendasarnya hak asasi manusia maka di perlukan pengenalan pendidikan hak asasi manusia tersebut sedini mungkin bagi setiap anak bangsa agar kelak ketika  dewasa mereka sudah terbiasa menjalani hidup ini tanpa mengorbankan kepentingan orang lain dalam bentuk apapun.  


Daftar  Referensi
Departeman Agama, (1999) Al Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Bulan Bintang
As Suyuti, Jalaluddin,(1989) Jami’ Shogier, Beirut: Daar al-Fikri,dibaca pula di Shohih- 
Muslim hadist 4684  
Asyukur, Abdul Ghoni, (1992) Kumplan Hadis Pilihan (Sohihain), Semarang: Husaini
N.Bellah, Robert, Beyond Belief, ( 1976 ) New York: Edisi Paper Black
Mahali, Jalaluddin dan al-Suyuti, (1981) Jalaluddin, Tafsir Jalalain,Beirut: Daar al Fikri
Haikal, Husein, (1990) Sirah Nabawiyah, Kairo: Maktabah al Awaliyah
Ar Ridho, Rasyid, Minal Syu’ub wal qaba’il
Syaltut, Mahmud, (1996) Islam wal Syariah, Cairo: Daar al Kalam
Muzadi, Hasim ( 2016) Harian Republika, Jakarta : Mahaka Group





Biografi Penulis
Abd.Basit anak kesembilan dari pasangan H.Kosim Usman dan Hj.Seinah Thabrani lahir di Jakarta 10 Agustus 1959.
Mengawali Pendidikan di Sekolah Diniyah Al Huda dan Sekolah Dasar Grogol Utara di Jakarta.Menyelesaikan Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Pendidikan Agama Islam tahun 2002, kemudian melanjutkan jenjang Pasca Sarjana (S2) pada Univeritas yang sama selesai tahun 2010 kosentrasi Pendidikan Agama, sekarang sedang meneyelesaikan Program doktor (S3) kosentrasi Manajemen Pendidikan Islam.
Pengalaman kerja: Sejaka tahun 2007 sampai sekarang menjadi Dosen tetap FAI di Universitas Muhammadiyah jakarta dan Dosen tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Indosnesia. Pernah menjadi wartawan dan penulis di berbagai surat kabar. Disamping aktif berorganisasi profesi atau sosial kemasyrakatan.Menjadi pembicara di berbagai kegiatan pendidikan baik formal dan non formal.


Abd.Basit
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
e-mail :Ibnqosim@gmail.com
Abstrak
Setiap manusia pasti memiliki sesuatu yang sangat mendasar dalam dirinya yang tidak ingin dibatasi oleh orang lain apapun bentuknya, yakni Hak Asasi Manusia. Dalam ajaran Islam dengan segala konsekuensi, Hak Asasi Manusia begitu mendapat perhatian besar dan sangat dihormati,termasuk dalam urusan ibadah. Pada dasarnya pelanggaran hak asasi manusia dilatarbelakangi oleh ego pribadi dan kesombongan atau merasa mempunyai kekuatan yang lebih terhadap orang atau bangsa lain, dengan dalih membela diri atau penegakkan demokrasi.. Kondisi ini bisa diperbaiki dengan cara menanamkan dan meperkenalkan pendidikan hak asasi manusia sejak dini . Inilah didikan yang terus dikampanyekan  oleh Islam sepanjang masa yang diperankan oleh Nabi Muhammad beserta para sehabatnya.Fakta ini bisa dilihat dalam sejarah Perjanjian Hudaibiyah, peristiwa Hijrah,  Pathu Makah atau Piagam Madinah Semua peristiwa tersebut penuh dengan nilai-nilai pembelajaan Hak Asasi manusia, bahkan para sejarawan dunia mengatakan peristiwa itu jauh lebih moderen dengan peradaban manusianya.
            Kata Kunci: Pendidikan, Pengenalan, Hak Asasi Manusia, Pandangan Islam

Introduction of Human Rights Studies in Islam
Abstract
There should be something very principal in every human being possesses that could not be bordered. We call it as a human rights. In Islamic studies, human rights has a very special and respected place, including when it comes to conduct the deeds or prayers. On its very basic, these happen due to our selfishness and conceit that lead us to feel more powerful and at the end making them as self defense in order to enforce the democracy.This could be fixed by implementing and introducing human rights studies from th early age. This is the spirit that Islam brings to campaigned at the time our Prophet Muhammad. The empirical facts about how Islami puts human rights in a very righteous place on its laws could be seen on Hudaibiyah Agreement, The Hijrah, Fathu Makkah, and Madina Pact. Those facts are perfect examples the world hostorians to said that human rights enforcement has been treated more modern than its human civilization on its time.
            Keywords: Introduction, Human Rights, Studies, Islam


I
PENDAHULUAN
slam adalah agama samawi yang diciptakan  Allah SWT dan telah disampikan oleh para Rasul untuk kepentingan manusia baik yang berhubungan dengan urusan dunia atau akhirat, sehingg ajaraan dan nilai yang ada dalam islam tidak ada yang bertentangan dengan fitrah manusia itu sendiri sebagai khalifah baik bagi dirinya terlebih orang lain
واذ قال ربك للملاءكة اني جاعل فى الارض خليفة
Artinya  Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah muka bumi ini.( Q.S. Al Baqoroh,30)
Manusia merupakan mahluk sempurna karena dalam dirinya ada unsur akal, hawa nafsu dan hati sebagai alat kontrol yang netral. Penciptaan manusia  mempunyai tugas dan misi khusus.Mereka diberikan kebebasan dan kepercayaan untuk memilih hidup dengan inisiatif, kreatif serta inovatif sebagai khalifah.Itulah nilai-nilai Hak asasi manusia. Tetapi tetap ada tanggungjawab dan konsekwensi setalah kematian, karena mereka telah diberikan ajaran dan tuntunan hidup melalui para Rasul.
Islam hadir ditengah umat manusia sebagai agama rahmat   tanpa perbedaan hak.   dan mengembalikan hak hidup orang lain, itulah yang kita kenal dengan Hak Asasi Manusia. . Elemen-elemen ini terdapat dalam sumber Islam. Memang Al Qur’an tidak  berbicara spesifik tentang hak asasi manuisa. Dalam Al Qur’an dibicarakan tentang keadilan, musyawarah, saling menolong, menolak diskriminasi, menghormati kaum wanita, kejujuran, pendidikan, bertetangga .Rincian atas konsep-konsep itu tertuang dalam Al Qur’an dan Hadis, bahkan banyak juga para ulama yang berbicara masalah hak asasi manusia dengan kajian interpertasi yang beragam dari satu ulama terhadap yang lainnya khususnya yang terjadi pada tradisi tafsir. Karena itu nilai-nilai  adalah kelanjutan dari prinsip-prinsip ajaran islam diatas.Perbedaan antara syari’ah dan konsep hak asasi manusia terjadi pada aspek-aspek rinci (furu’iyah) sehingga secara prinsipil tidak ada problem.(Muhammad Syaltut, 1996, p.453)
Kemudian Pandangan islam tentang hak asasi manusia terbukti melalui da’wah Rasul yang tidak pernah memaksa, menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, menghormati keyakinan orang lain, memberikan hak hidup yang sama sebabagai warga negara dan hak-hak hidup lain insani yang melekat. Dalam Al Qur’an ditegaskan manusia dan jin diciptakan  cuma untuk ibadah kepada Allah SWT. Kemudian untuk melaksanakan perintah tersebut manusia mendapatkan sejumlah hak, dan hak itu diberikan oleh syariat.Berarti menurut Islam hak-hak manusia itu pemberian syariat bukan alami
وما خلقت الجن والانس الا ليعبدون
Artinya : Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada KU( Q.S.Az Zariyat, 56)
Adanya perbedaan yang mendasar antara gagasan yang mendasari Universal Declaration of  Human Rights 1948 dan pengertian Islam tentang hak asasi manuisa tampak jelas dari banyak perbedaan antara bunyi pasasi-pasal UDHR dengan pasal-pasal deklarasi Kairo tentang Hak Azasi Manusia dalam Islam, rumusan Organisasi Konpersi Islam (OKI). Misalnya, pasal 26 dari deklarasi kairo menyatakan bahwa kebebasan dan semua hak perorangan yang disebutkan dalam deklarasi itu  tergantung kepada pembenaran/pengukuhan dari syariat.Tetapi kadar perbedaan itu masih tergantung kepada bagaimana pendekatan kita terhadap Al Qur’an dan Sunah, pendekatan tekstual atau pendekatan kontekstual.

A.Sejarah Hak Asasi Manusia
Secara normatif  historis pemublikasian secara internasioanl hak asasi manusia dirumuskan oleh Perserikatan bangsa-bangsa dalam sebuah deklarasi yang kemudian populer dengan sebutan Deklarasi Hak Asasi Manusia universal ( Universal Declaration of Human Rights) tertanggal 10 Desember 1948, dengan didukung oleh 48 negara berdaulat.Secara komprehensif Rasyid Ridho menulis dalam karyanya Minal Syu’ub wal Qaba’il dari pandangan Al Qur’an tentang hak asasi manusia guna mengimbangi negara barat bicara masalah hak asasi manusia dengan banyak versi.
Hal ini juga mendapat respon dan tanggapan sejumlah anggota PBB pada saat itu dengan tujuan agar ada aturan standar tentang hak asasi manusia bagi bangsa yang mengalami tindasan dan jajahan yang sebelumnya hampir tidak ada yang peduli ketika suatu negara dijajah oleh bangsa lain, baik perebutan dan penjajahan pisik, ekonmoi, sosial budaya, atau ilmu pengetahuan bahkan pada keyakinan. Dengan terbitnya Deklarasi PBB yang berisi 30 pasal yang mempunyai substansi menjungjung tinggi martabat manusia baik secara individu atau kelompok dalam skala nasional atau internasional. Dengan terbitnya deklarasi tersebut maka suatu bangsa tidak bisa lagi seenaknya merebut dan mengganggu hak dan kebebsan yang dinikmati secara individu tanpa memandang ras,warna kulit, jenis kelamin, bahasa,agama, bahkan pada opini politik dan social.
.
B. Nilai-nilai Ham dalam Syari’ah
a. Menurut Pandangan Al Qur’an
Dalam pandangan islam kebebasan memilih hidup adalah hak setiap manusia yang tidak dapat diintervensi oleh siapapun, termasuk persoalan keyakinan. Namun begitu bukan berarti islam membiarkan manusia hidup tanpa arah dan tujuan dengan menuruti kata hati dan nafsu. Dalam hal ini Allah SWT sebagai pencipta manusia sudah menurunkan agama dengan kitab sucinya sebagai pedoman hidup yang dijelaskan oleh para Rasul sesuai dengan zaman dan kondisinya.Islam adalah agama yang dibawa oleh para Rasul diperuntukkan untuk kepentingan manusia secara komprehensif.Konsep yang terdapat dalam Islam seperti tentang ibadah, akidah,muamalah dan akhlaq.Semuanya mengatur hubungan  manusia dengan Allah SWT dan hubungan antar manusia ( hamblum minal Allah dan hamblum ninan nas ). Kedua hak ini tidak dapat dipisahkan, harus diberikan dan dilaksanakan sesuai aturan syariat.Inilah salah satu perbedaan antara konsep hak asasi manusia menurut Islam dengan konsep hak asasi manusia yang ditawarkan oleh negara dengan persfektif barat.Islam memandang hak asasi manusia adalah fitrah,harus ditegakkan tanpa melihat status sosial. Tetapi barat mendekrelasikan hak asasi manusia masih dilatarbelakangi subyektifitas kepentingan dan kekuasaan negara-negara super power dampaknya sering terjadi pelanggaran hak asasi manusia tanpa adanya penyelesaian, ironisnya tetap berlangsung, walaupun banyak negara mengecamnya.
Tidak sedikit jumlah mereka yang menentang bahkan melawan aturan yang telah dibuat oleh Allah SWT. tetapi islam tetap tidak memaksa manusia, walaupun sebenarnya Allah SWT punya hak dan mampu memaksa manusia menerima ajaran islam. Dalam Al Qur’an ditegaskan
ولوشآء ربك لآمن من فى الأرض كلهم جميعا افأنت تكره الناس حتى يكونوا مؤمنون
Artinya : Dan jika Tuhanmu menghendaki tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya, Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya.( Q.S. Yunus, 99 )
            . Manusia diberikan kebebasan menuruti kehendaknya bahkan tidak ada dikriminasi hak untuk  memilih jalan hidupnya.,seperti firman Allah SWT. dalam surah kahfi
    ومن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر
  Artinya : Barang siapa yang ingin (beriman) maka hendaklah dia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah dia kafir ( Q.S.Kahfi,29)
Dalam kitab tapsir Jalalain yang begitu dihormati dikalanngan para mufasir Imam Suyuti membuat tekanan sentral yang lebih memperjelas ayat ini dengan mengatakan “ hendak kau paksa jugakah orang untuk melakukan apa yang Allah sendiri tidak ingin melakukannya terhadap mereka (Jalaluddin Mahali,& Jalaluddin as-Suyuti.1981 p.99)  Penegasan Jalalain dapat mempertegas bahwa usaha untuk menyamakan semua perbedaan semua umat manusia adalah sebuah tindakan pelanggaran hak asasi manusia. Ini juga menunjukkan bahwa dengan perbedaan manusia didorong untuk saling menolong dan bekerjasama.Karena itu, sikap menghargai atas perbedaan di antara manusia adalah sikap primodial yang tumbuh secara organik sejak islam diserukan kepada umat manusia 1500 tahun yang lalu.
Islam menempatkan diri dengan mengakui adanya perbedaan yang sangat asasi dalam diri manusia. Seperti apa yang didapat di dalam nilai islam bahwa Rasul tidak diperbolehkan memaksa manusia untuk menjadikan muslim yang hidup berada disekitarnya ( komonitas makah-madinah atau umat rasul lainnya )  Mereka para Rasul cuma berkewajiban menyampaian Agama Allah SWT  untuk  kehidupan manusia dan  alam sekitar.
ليس عليك هداهم ولكن الله يهدى من يساء
  Artinya : Bukan tugasmu ( hai Rasul ) memberi petunjuk kepada mereka ,Tetapi Allah yang memberi petunjuk kepada siapapun yang dikenedakinya ( Q.S Baqoroh, 272)
Nampak jelas bahwa islam sangat menjunjung tinggi Nilai-nilai Hak Asasi Manusia pada soal yang sangat mendasar seperti keyakinan (aqidah) termasuk interaksi antar manusia (muamalah). Islam melarang penguasaan komoditi atau barang yang menjadi hajat dan keperluan orang banyak. Lebih dari itu, peredaran uang tidak merata karena akan menumpuk pada kelompok bermodal saja.Tentu saja hal ini akan mengundang ketidakstabilan ekonomi dalam suatu negara
كي لايكون دولة بين الأغنياء منكم
Artinya : Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja (Q.S. Al Hasyr.7)
 Bagi penerima zakat (mustahiq)  dari berbagai macam lapisan masyarakat, semua merasa diperhatikan dan diberikan haknya sesuai dengan porsinya, tidak ada yang dibedakan. Artiya tidak ada pelanggaran hak asasi manusia, karena telah terjadi pemerataan secara adil.Dengan demikian telah terjadi peredaran uang yang merata.Bahkan Islam melarang menyimpan atau mengusai barang komoditi yang menjadi bahan pokok dan hajat orang banyak dengan harapan memeperolah keuntungan besar, termasuk eksploitasi tenaga kerja dengan gaji dibawah upah minimum regional, dengan memperkerjakan anak-anak dibawah umur.  
انما الصدقة للفقراء والمسكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين وفى سبيل لله وابن السبيل
Artinya : Sesungguhnya Zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mua’llaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalaan  (Q.S Al Taubah. 60 )        
Pemahaman Insan tentang hak asasi manusia tidak serta merta datangnya, tetapi memerlukan proses pendidikan dan pembiasaan baik formal atau non formal. Karena pada persoalan hak asasi manusia yang bicara adalah hati dan naluri, bukan ilmu eksak yang serba pasti. Oleh karena itu membutuhkan figur yang menjadi panutan.Dalam Islam Rasulallah SAW adalah figur yang menjadi rujukan para sehabat ketika bicara dan implementasi hak asasi manuisa. Maka para sehabat begitu menghormati hak asasi manusia bahkan sampai tabiit tabiien.Mereka lebih mengedepankan hak orang lain meskipun harus menanggung resiko pribadi.

b. Menurut Hadist
Dalam sejarah banyak kita temui peristiwa bahwa islam sangat menghargai hak asasi manusia baik yang berhubungan dengan kehidupan sosial, politik,ekonomi bahkan dalam keyakinan. Salah satu contoh Piagam Madinah yang terdiri dari 47 point merupakan konstitusi atau undang-undang bagi negara islam yang pertama didirikan oleh Rasulallah SAW sebagai pedoman perilaku sosial (Husein Haikal, 1990) Penduduk madinah tidak dipaksa untuk menerima islam, karna itu wilayah keyakinan.Ketika Rasulallah membangun perekonomian umat islam madinah yang dimotori oleh sehabat Jubair ibn Awam mengalami kemajuan pesat, tetapi mereka tetap berinteraksi soal barang dagangan.Penomena piagam madinah dengan memberi hidup berdampingan dan bersama membangun tata kehidupan sosial menimbulkan decak kagum dari sosiolog moderen terkemuka berkebangsaan amerika,yaitu Robert N Bellah yang menyatakan bahwa kehidupan madinah yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia terlampau moderen untuk ukuran sezaman itu (Robert N.Bellah, 1976 )
Ada Peristiwa lain ketika terjadi Fathun Mekkah (Kembalinya Rasul dan sehabat ke makkah ) banyak penduduk mekkah terutama yang belum menerima islam merasakan ketakutan yang sangat takut dan merasa ada pembalasan dari umat islam .Rasulallah SAW datang bersama pasukan besar dan sangat kuat. Ketakutan itu sama sekali tidak terbukti,karena Rasul bersama sehabatnya tidak melakukan tindakan pembalasan dan kekerasan, bahkan mengayomi dan bertutur lembut kepada penduduk mekkah, diantara Beliau berkata “ Siapa yang memasuki rumah Abu Sofyan maka menjadi aman” padahal sebelumnya Abu sofyan musuh islam yang sangat mempunyai pengaruh, lalu masuk islam dan diikuti oleh pengikutnya. Dalam peristiwa lain Rasul pernah berkata “ Siapa yang mengganggu kafir Zimmi ( non muslim yang hidup ditengah komonitas pemerintahan muslim tetapi mereka membayar pajak) sama saja dia menggangguku.Peringatan ini mengindikasikan Rasul menghargai hak hidup orang lain, walaupun berbeda keyakinan
Dalam berinteraksi antar manusia ( sosial interaction- muamalah ) islam bergitu menghargai hak manusia contohnya dalam hidup betetangga atau menerima tamu begitu tinggi perhargaan itu diberikan bahkan menjadi ukuran kemimanan seorang terhadap Allah SWT dan hari kiamat.Seperti yang sabdakan dalam sebuah hadist.Islam melarang bertindak yang dapat mengganggu ketenangan atau kenyamanan hidup tetangganya.Disamping itu pula islam mengajarkan kepada umatnya menghormati tetamu dengan memberikan haknya,
من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم جاره ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه
Artinya : Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka mulyakanlah tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka hormatilah tetamunya. ( Jalaluddin, 1989, p.46)  
            .
                    المؤمن للمؤمن كاالبنيان يشد بعضه بعضا وسبك بين اصابعه     
Artinya : Seorang mu’min dengan mu’min lainnya laksana sebuah bangunan yang lain menguatkan yang lainnya bagaikan menyatunya diantara jari jemari (Abdul Ghoni Asyukur,1992, p.85)
Islam sangat membela hak hidup manusia, ketika Rasul dengan para sehabat mencari solusi terhadap tawanan perang badar bagaimana menyelesaikanya . Ada yang mengusulkan suapaya dibunuh saja, ditebus tetapi dengan harga yang tinggi dan banyak pendapat lain yang intinya kurang baik dari konteks hak asasi manusia.Namun Saidina Ali Mengusulkan agar tawanan ini tetap diberi hak hidupnya dengan cara setiap tawananan harus mengajarkan sepuluh orang muslim tentang ilmu pengetahuan atau ketrampilan. Proklamator Indonesia Bung Karno menolak penindasan manusia diatas manusia, bangsa atas bangsa (exploitation de I’homme par I’homme, exploitation de nation par nation) (Hasyim Muzadi, 2016, p.1)
           


Sabda Rasulallah SAW
         من قتل نفسا معاهدا لم يرح رائحة الجنة وان ر يحها لوجد من مسيرة اربعين عما ( راوه البحر واترمذى)
     Artinya : Barang siapa membunuh Ma’ahad ( kapir yang telah mengadakan perjanjian dengan orang muslim) maka dia tidak akan mendapati baunya surga susungguhnya baunya surga itu sudah tercium selama perjalanan empat puluh tahun ( HR Al Bahr dan Turmidzi.)
Semakin kita pahami bahwa islam sangat menghargai hak hidup  manusia, itu artinya nilai-nilai hak asasi manusia dijunjung tinggi oleh ajaran islam, karena itu fitrah bagi setiap manusia yang semua orang harus menghormati, menjamin dan memberikan keleluasaan kapan dan dimana saja mereka berada.Dewasa ini sering kita jumpai tindakan pelanggaran hak asasi manusia dengan dalih kepentingan umum berlatar belakang politik, bisnis, kekuasaan atau hukum.Banyak rakyat menjadi korban bukan saja kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian terkadang dirinya menjadi korban termasuk nama baik.Banyak kasus di negara kita yang sampai sekarang tidak pernah selesai kasusnya, walaupun  sudah sering berganti pemerintahan.Hal ini terjadi karena masih minimnya kesadaran masyarakat tentang pelanggaran hak asasi manusia.Menurut pandangan islam perbuatan ini bagian dari kesalahan yang menyangkut hak adami yang tidak bisa dimaafkan kecuali sudah mendapat maaf dari orang yang pernah dirampas hak asasinya, bahkan berdampak negatif diakhirat nanti. Oleh karena itulah islam sangat menyoroti dan sangat memperhatikan hak asasi manusia dalam banyak aspek kehidupan manusia.     

PENUTUP
Setelah penulis memaparkan Pandangan Islam tentang nilai hak asasi manusia menurut pandangan islam yakni Al Qur’an dan Hadist maka disini dapat penulis simpulkan bahwa ada lima nilai Hak asasi manusia yang esensial dan sangat mendasar dalam kehidupan manusia yaitu
1.      Penghormatan terhadap kebebasan beragama ( hifdzul dien )                           
2.      Penghormatan terhadap kebebasan kepemilikan harta ( hifdzul maal)
3.      Penghormatan terhadap kebebasan keselematan jiwa (hifdzul nafsi)
4.      Penghormatan terhadap kebebasan berpikir ( hifdzul aqli)
5.      Penghormatan terhadap menjaga keturunan ( hifdzul nasal)
Karena itu, nilai-nilai hak asasi manusia dengan prinsip-prinsipnya yang universal adalah bagian dari semangat dan nilai syariah, keduanya tidak perlu dipertentangkan, semuanya membentuk sinergitas yang harmonis.Pembentukan itu cuma bisa diperoleh malalui proses pendidikan yang terstruktur yang dibarengi dengan contoh dan keteladanan secara komprehensif, sehingga kelima nilai tersebut diatas yang merupakan hak setiap manusia yang harus dilindungi dan dihormati tanpa melihat status sosial, agama, pendidikan, keturunan, bangsa kapan dan dimanapun mereka berada.Dengan demikian untuk menyadarkan manusia betapa mendasarnya hak asasi manusia maka di perlukan pengenalan pendidikan hak asasi manusia tersebut sedini mungkin bagi setiap anak bangsa agar kelak ketika  dewasa mereka sudah terbiasa menjalani hidup ini tanpa mengorbankan kepentingan orang lain dalam bentuk apapun.  


Daftar  Referensi
Departeman Agama, (1999) Al Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Bulan Bintang
As Suyuti, Jalaluddin,(1989) Jami’ Shogier, Beirut: Daar al-Fikri,dibaca pula di Shohih- 
Muslim hadist 4684  
Asyukur, Abdul Ghoni, (1992) Kumplan Hadis Pilihan (Sohihain), Semarang: Husaini
N.Bellah, Robert, Beyond Belief, ( 1976 ) New York: Edisi Paper Black
Mahali, Jalaluddin dan al-Suyuti, (1981) Jalaluddin, Tafsir Jalalain,Beirut: Daar al Fikri
Haikal, Husein, (1990) Sirah Nabawiyah, Kairo: Maktabah al Awaliyah
Ar Ridho, Rasyid, Minal Syu’ub wal qaba’il
Syaltut, Mahmud, (1996) Islam wal Syariah, Cairo: Daar al Kalam
Muzadi, Hasim ( 2016) Harian Republika, Jakarta : Mahaka Group





Biografi Penulis
Abd.Basit anak kesembilan dari pasangan H.Kosim Usman dan Hj.Seinah Thabrani lahir di Jakarta 10 Agustus 1959.
Mengawali Pendidikan di Sekolah Diniyah Al Huda dan Sekolah Dasar Grogol Utara di Jakarta.Menyelesaikan Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Pendidikan Agama Islam tahun 2002, kemudian melanjutkan jenjang Pasca Sarjana (S2) pada Univeritas yang sama selesai tahun 2010 kosentrasi Pendidikan Agama, sekarang sedang meneyelesaikan Program doktor (S3) kosentrasi Manajemen Pendidikan Islam.
Pengalaman kerja: Sejaka tahun 2007 sampai sekarang menjadi Dosen tetap FAI di Universitas Muhammadiyah jakarta dan Dosen tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Indosnesia. Pernah menjadi wartawan dan penulis di berbagai surat kabar. Disamping aktif berorganisasi profesi atau sosial kemasyrakatan.Menjadi pembicara di berbagai kegiatan pendidikan baik formal dan non formal.

8 komentar:

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  2. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  3. Nama saya Suyono Ratha, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu uang Anda, saya meminta pinjaman sebesar Rp750, 000,000, 00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan Rp25.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada 12 Januari 2020, teman saya KABU-LAYU di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari ACCESS LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah percaya sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasinya dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan begitu banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. MARIA ALEXANDER atas apa yang telah dia lakukan pada saya dan keluarga saya, saya memberi tahu teman-teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. 750.000.000.00 Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan
    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya KABU-LAYU yang membuat saya mendapat pinjaman untuk appriciations dan saya juga memperkenalkan banyak orang kepada Ibu MARIA ALEXANDER ibu yang baik berharap mereka juga mendapatkan pinjaman tanpa penundaan ..Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya menghubungi seorang ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan memberikan bukti niat baik ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang pantas yang membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs. MARIA ALEXANDER via EMAIL: (mariaalexander818@gmail.com) (Whatsapp: + 1 651-243-8090)

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: suyonoratha@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi teman saya KABU-LAYU melalui EMAIL-nya: kabulayu18@gmail.com
    terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan dan kemakmuran.

    BalasHapus
  4. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  5. Selamat siang semuanya !!!
    Nama saya adalah Tuan Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahukan namanya kepada World dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman. Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

    Sampai saya melihat pos ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak akan mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu saya tetapi mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp. 300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu Maria Alexander kata-katanya, melalui email: (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang menginginkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via

    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Mrs. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  8. Salam untuk kalian semua. Nama saya Agus Santoso, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena banyak sekali penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua memiliki untuk berhati-hati

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya mengajukan pinjaman 250 juta. Saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya mengalami lebih banyak kesulitan keuangan karena saya meminjam untuk membayar sebagian biaya setelah menghabiskan dana saya. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan teman saya untuk merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Helen Wilson, seorang ibu yang luar biasa, yang meminjamkan saya pinjaman 250 juta tanpa jaminan dalam waktu 24 jam tanpa tekanan pada tingkat bunga 2%.

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dicairkan langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: helenwilson719@gmail.com

    dan dengan rahmat Allah dia tidak akan mengecewakan. jika Anda mematuhi perintah-perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: agsantoso576@gmail.com
    dan teman saya yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Bu Helen Wilson, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Helen Wilson, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (wahyusaptohandoko256@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya. Anda masih bisa mengobrol, ibu yang baik, Nomor WhatsApp; +1-585-326-2165

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Agus Santoso
    Pinjaman saya 250 juta
    KEUANGAN WEMA
    email: helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus