Pengenalan
Pendidikan Hak Asasi Manusia menurut Pandangan Islam
Abd.Basit
Universitas Muhammadiyah Jakarta,
Indonesia
e-mail :Ibnqosim@gmail.com
Abstrak
Setiap
manusia pasti memiliki sesuatu yang sangat mendasar dalam dirinya yang tidak
ingin dibatasi oleh orang lain apapun bentuknya, yakni Hak Asasi Manusia. Dalam
ajaran Islam dengan segala konsekuensi, Hak Asasi Manusia begitu mendapat
perhatian besar dan sangat dihormati,termasuk dalam urusan ibadah. Pada
dasarnya pelanggaran hak asasi manusia dilatarbelakangi oleh ego pribadi dan
kesombongan atau merasa mempunyai kekuatan yang lebih terhadap orang atau
bangsa lain, dengan dalih membela diri atau penegakkan demokrasi.. Kondisi ini
bisa diperbaiki dengan cara menanamkan dan meperkenalkan pendidikan hak asasi
manusia sejak dini . Inilah didikan yang terus dikampanyekan oleh Islam sepanjang masa yang diperankan
oleh Nabi Muhammad beserta para sehabatnya.Fakta ini bisa dilihat dalam sejarah
Perjanjian Hudaibiyah, peristiwa Hijrah,
Pathu Makah atau Piagam Madinah Semua peristiwa tersebut penuh dengan
nilai-nilai pembelajaan Hak Asasi manusia, bahkan para sejarawan dunia
mengatakan peristiwa itu jauh lebih moderen dengan peradaban manusianya.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengenalan, Hak
Asasi Manusia, Pandangan Islam
Introduction
of Human Rights Studies in Islam
Abstract
There should be something very principal
in every human being possesses that could not be bordered. We call it as a
human rights. In Islamic studies, human rights has a very special and respected
place, including when it comes to conduct the deeds or prayers. On its very
basic, these happen due to our selfishness and conceit that lead us to feel
more powerful and at the end making them as self defense in order to enforce
the democracy.This could be fixed by implementing and introducing human rights
studies from th early age. This is the spirit that Islam brings to campaigned
at the time our Prophet Muhammad. The empirical facts about how Islami puts
human rights in a very righteous place on its laws could be seen on Hudaibiyah
Agreement, The Hijrah, Fathu Makkah, and Madina Pact. Those facts are perfect
examples the world hostorians to said that human rights enforcement has been
treated more modern than its human civilization on its time.
Keywords:
Introduction, Human Rights, Studies, Islam
I
|
PENDAHULUAN
slam
adalah agama samawi yang diciptakan
Allah SWT dan telah disampikan oleh para Rasul untuk kepentingan manusia
baik yang berhubungan dengan urusan dunia atau akhirat, sehingg ajaraan dan
nilai yang ada dalam islam tidak ada yang bertentangan dengan fitrah manusia
itu sendiri sebagai khalifah baik bagi dirinya terlebih orang lain
واذ قال ربك للملاءكة اني جاعل فى الارض
خليفة
Artinya Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada
malaikat Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah muka bumi ini.( Q.S. Al
Baqoroh,30)
Manusia merupakan mahluk sempurna karena
dalam dirinya ada unsur akal, hawa nafsu dan hati sebagai alat kontrol yang
netral. Penciptaan manusia mempunyai
tugas dan misi khusus.Mereka diberikan kebebasan dan kepercayaan untuk memilih
hidup dengan inisiatif, kreatif serta inovatif sebagai khalifah.Itulah
nilai-nilai Hak asasi manusia. Tetapi tetap ada tanggungjawab dan konsekwensi
setalah kematian, karena mereka telah diberikan ajaran dan tuntunan hidup
melalui para Rasul.
Islam hadir ditengah umat manusia
sebagai agama rahmat tanpa perbedaan hak. dan
mengembalikan hak hidup orang lain, itulah yang kita kenal dengan Hak Asasi
Manusia. . Elemen-elemen ini terdapat dalam sumber Islam. Memang Al Qur’an
tidak berbicara spesifik tentang hak
asasi manuisa. Dalam Al Qur’an dibicarakan tentang keadilan, musyawarah, saling
menolong, menolak diskriminasi, menghormati kaum wanita, kejujuran, pendidikan,
bertetangga .Rincian atas konsep-konsep itu tertuang dalam Al Qur’an dan Hadis,
bahkan banyak juga para ulama yang berbicara masalah hak asasi manusia dengan
kajian interpertasi yang beragam dari satu ulama terhadap yang lainnya
khususnya yang terjadi pada tradisi tafsir. Karena itu nilai-nilai adalah kelanjutan dari prinsip-prinsip ajaran
islam diatas.Perbedaan antara syari’ah dan konsep hak asasi manusia terjadi
pada aspek-aspek rinci (furu’iyah) sehingga secara prinsipil tidak ada
problem.(Muhammad Syaltut, 1996, p.453)
Kemudian Pandangan islam tentang hak
asasi manusia terbukti melalui da’wah Rasul yang tidak pernah memaksa,
menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, menghormati keyakinan orang
lain, memberikan hak hidup yang sama sebabagai warga negara dan hak-hak hidup
lain insani yang melekat. Dalam Al Qur’an ditegaskan manusia dan jin
diciptakan cuma untuk ibadah kepada
Allah SWT. Kemudian untuk melaksanakan perintah tersebut manusia mendapatkan
sejumlah hak, dan hak itu diberikan oleh syariat.Berarti menurut Islam hak-hak
manusia itu pemberian syariat bukan alami
وما
خلقت الجن والانس الا ليعبدون
Artinya
: Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada KU(
Q.S.Az Zariyat, 56)
Adanya perbedaan yang mendasar antara
gagasan yang mendasari Universal Declaration of
Human Rights 1948 dan pengertian Islam tentang hak asasi manuisa tampak
jelas dari banyak perbedaan antara bunyi pasasi-pasal UDHR dengan pasal-pasal
deklarasi Kairo tentang Hak Azasi Manusia dalam Islam, rumusan Organisasi
Konpersi Islam (OKI). Misalnya, pasal 26 dari deklarasi kairo menyatakan bahwa
kebebasan dan semua hak perorangan yang disebutkan dalam deklarasi itu tergantung kepada pembenaran/pengukuhan dari
syariat.Tetapi kadar perbedaan itu masih tergantung kepada bagaimana pendekatan
kita terhadap Al Qur’an dan Sunah, pendekatan tekstual atau pendekatan
kontekstual.
A.Sejarah Hak Asasi Manusia
Secara normatif historis pemublikasian secara internasioanl
hak asasi manusia dirumuskan oleh Perserikatan bangsa-bangsa dalam sebuah
deklarasi yang kemudian populer dengan sebutan Deklarasi Hak Asasi Manusia
universal ( Universal Declaration of Human Rights) tertanggal 10 Desember 1948,
dengan didukung oleh 48 negara berdaulat.Secara komprehensif Rasyid Ridho
menulis dalam karyanya Minal Syu’ub wal Qaba’il dari pandangan Al Qur’an
tentang hak asasi manusia guna mengimbangi negara barat bicara masalah hak
asasi manusia dengan banyak versi.
Hal ini juga mendapat respon dan
tanggapan sejumlah anggota PBB pada saat itu dengan tujuan agar ada aturan
standar tentang hak asasi manusia bagi bangsa yang mengalami tindasan dan
jajahan yang sebelumnya hampir tidak ada yang peduli ketika suatu negara
dijajah oleh bangsa lain, baik perebutan dan penjajahan pisik, ekonmoi, sosial
budaya, atau ilmu pengetahuan bahkan pada keyakinan. Dengan terbitnya Deklarasi
PBB yang berisi 30 pasal yang mempunyai substansi menjungjung tinggi martabat
manusia baik secara individu atau kelompok dalam skala nasional atau
internasional. Dengan terbitnya deklarasi tersebut maka suatu bangsa tidak bisa
lagi seenaknya merebut dan mengganggu hak dan kebebsan yang dinikmati secara
individu tanpa memandang ras,warna kulit, jenis kelamin, bahasa,agama, bahkan
pada opini politik dan social.
.
B. Nilai-nilai Ham dalam Syari’ah
a. Menurut Pandangan Al Qur’an
Dalam pandangan islam kebebasan memilih
hidup adalah hak setiap manusia yang tidak dapat diintervensi oleh siapapun,
termasuk persoalan keyakinan. Namun begitu bukan berarti islam membiarkan
manusia hidup tanpa arah dan tujuan dengan menuruti kata hati dan nafsu. Dalam
hal ini Allah SWT sebagai pencipta manusia sudah menurunkan agama dengan kitab
sucinya sebagai pedoman hidup yang dijelaskan oleh para Rasul sesuai dengan
zaman dan kondisinya.Islam adalah agama yang dibawa oleh para Rasul diperuntukkan
untuk kepentingan manusia secara komprehensif.Konsep yang terdapat dalam Islam
seperti tentang ibadah, akidah,muamalah dan akhlaq.Semuanya mengatur
hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan
antar manusia ( hamblum minal Allah dan hamblum ninan nas ). Kedua hak
ini tidak dapat dipisahkan, harus diberikan dan dilaksanakan sesuai aturan
syariat.Inilah salah satu perbedaan antara konsep hak asasi manusia menurut
Islam dengan konsep hak asasi manusia yang ditawarkan oleh negara dengan
persfektif barat.Islam memandang hak asasi manusia adalah fitrah,harus
ditegakkan tanpa melihat status sosial. Tetapi barat mendekrelasikan hak asasi
manusia masih dilatarbelakangi subyektifitas kepentingan dan kekuasaan
negara-negara super power dampaknya sering terjadi pelanggaran hak asasi
manusia tanpa adanya penyelesaian, ironisnya tetap berlangsung, walaupun banyak
negara mengecamnya.
Tidak sedikit jumlah mereka yang
menentang bahkan melawan aturan yang telah dibuat oleh Allah SWT. tetapi islam
tetap tidak memaksa manusia, walaupun sebenarnya Allah SWT punya hak dan mampu
memaksa manusia menerima ajaran islam. Dalam Al Qur’an ditegaskan
ولوشآء
ربك لآمن من فى الأرض كلهم جميعا افأنت تكره الناس حتى يكونوا مؤمنون
Artinya
: Dan jika Tuhanmu menghendaki tentulah beriman semua orang yang di muka
bumi seluruhnya, Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka
menjadi orang-orang yang beriman semuanya.( Q.S. Yunus, 99 )
. Manusia diberikan kebebasan menuruti
kehendaknya bahkan tidak ada dikriminasi hak untuk memilih jalan hidupnya.,seperti firman Allah
SWT. dalam surah kahfi
ومن
شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر
Artinya : Barang siapa yang ingin
(beriman) maka hendaklah dia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir)
biarlah dia kafir ( Q.S.Kahfi,29)
Dalam kitab tapsir Jalalain yang begitu
dihormati dikalanngan para mufasir Imam Suyuti membuat tekanan sentral yang
lebih memperjelas ayat ini dengan mengatakan “ hendak kau paksa jugakah orang
untuk melakukan apa yang Allah sendiri tidak ingin melakukannya terhadap mereka
(Jalaluddin Mahali,& Jalaluddin as-Suyuti.1981 p.99) Penegasan Jalalain dapat mempertegas bahwa
usaha untuk menyamakan semua perbedaan semua umat manusia adalah sebuah
tindakan pelanggaran hak asasi manusia. Ini juga menunjukkan bahwa dengan
perbedaan manusia didorong untuk saling menolong dan bekerjasama.Karena itu,
sikap menghargai atas perbedaan di antara manusia adalah sikap primodial yang
tumbuh secara organik sejak islam diserukan kepada umat manusia 1500 tahun yang
lalu.
Islam menempatkan diri dengan mengakui
adanya perbedaan yang sangat asasi dalam diri manusia. Seperti apa yang didapat
di dalam nilai islam bahwa Rasul tidak diperbolehkan memaksa manusia untuk
menjadikan muslim yang hidup berada disekitarnya ( komonitas makah-madinah
atau umat rasul lainnya ) Mereka
para Rasul cuma berkewajiban menyampaian Agama Allah SWT untuk
kehidupan manusia dan alam
sekitar.
ليس
عليك هداهم ولكن الله يهدى من يساء
Artinya : Bukan
tugasmu ( hai Rasul ) memberi petunjuk kepada mereka ,Tetapi Allah yang memberi
petunjuk kepada siapapun yang dikenedakinya ( Q.S Baqoroh, 272)
Nampak jelas bahwa islam sangat
menjunjung tinggi Nilai-nilai Hak Asasi Manusia pada soal yang sangat mendasar seperti
keyakinan (aqidah) termasuk interaksi antar manusia (muamalah). Islam
melarang penguasaan komoditi atau barang yang menjadi hajat dan keperluan orang
banyak. Lebih dari itu, peredaran uang tidak merata karena akan menumpuk pada
kelompok bermodal saja.Tentu saja hal ini akan mengundang ketidakstabilan
ekonomi dalam suatu negara
كي
لايكون دولة بين الأغنياء منكم
Artinya
: Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja (Q.S. Al Hasyr.7)
Bagi
penerima zakat (mustahiq)
dari berbagai macam
lapisan masyarakat, semua merasa diperhatikan dan diberikan haknya sesuai
dengan porsinya, tidak ada yang dibedakan. Artiya tidak ada pelanggaran hak
asasi manusia, karena telah terjadi pemerataan secara adil.Dengan demikian
telah terjadi peredaran uang yang merata.Bahkan Islam melarang menyimpan atau
mengusai barang komoditi yang menjadi bahan pokok dan hajat orang banyak dengan
harapan memeperolah keuntungan besar, termasuk eksploitasi tenaga kerja dengan
gaji dibawah upah minimum regional, dengan memperkerjakan anak-anak dibawah
umur.
انما
الصدقة للفقراء والمسكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين
وفى سبيل لله وابن السبيل
Artinya
: Sesungguhnya Zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,orang-orang
miskin, pengurus-pengurus zakat, para mua’llaf yang dibujuk hatinya, untuk
memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan
orang-orang yang sedang dalam perjalaan
(Q.S Al Taubah. 60 )
Pemahaman Insan tentang hak asasi
manusia tidak serta merta datangnya, tetapi memerlukan proses pendidikan dan
pembiasaan baik formal atau non formal. Karena pada persoalan hak asasi manusia
yang bicara adalah hati dan naluri, bukan ilmu eksak yang serba pasti. Oleh
karena itu membutuhkan figur yang menjadi panutan.Dalam Islam Rasulallah SAW
adalah figur yang menjadi rujukan para sehabat ketika bicara dan implementasi
hak asasi manuisa. Maka para sehabat begitu menghormati hak asasi manusia bahkan
sampai tabiit tabiien.Mereka lebih mengedepankan hak orang lain meskipun harus
menanggung resiko pribadi.
b. Menurut
Hadist
Dalam sejarah banyak kita temui
peristiwa bahwa islam sangat menghargai hak asasi manusia baik yang berhubungan
dengan kehidupan sosial, politik,ekonomi bahkan dalam keyakinan. Salah satu
contoh Piagam Madinah yang terdiri dari 47 point merupakan konstitusi atau
undang-undang bagi negara islam yang pertama didirikan oleh Rasulallah SAW
sebagai pedoman perilaku sosial (Husein Haikal, 1990) Penduduk madinah tidak
dipaksa untuk menerima islam, karna itu wilayah keyakinan.Ketika Rasulallah
membangun perekonomian umat islam madinah yang dimotori oleh sehabat Jubair ibn
Awam mengalami kemajuan pesat, tetapi mereka tetap berinteraksi soal barang
dagangan.Penomena piagam madinah dengan memberi hidup berdampingan dan bersama
membangun tata kehidupan sosial menimbulkan decak kagum dari sosiolog moderen
terkemuka berkebangsaan amerika,yaitu Robert N Bellah yang menyatakan bahwa
kehidupan madinah yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia terlampau
moderen untuk ukuran sezaman itu (Robert N.Bellah, 1976 )
Ada Peristiwa lain ketika terjadi Fathun
Mekkah (Kembalinya Rasul dan sehabat ke makkah ) banyak penduduk
mekkah terutama yang belum menerima islam merasakan ketakutan yang sangat takut
dan merasa ada pembalasan dari umat islam .Rasulallah SAW datang bersama
pasukan besar dan sangat kuat. Ketakutan itu sama sekali tidak terbukti,karena
Rasul bersama sehabatnya tidak melakukan tindakan pembalasan dan kekerasan,
bahkan mengayomi dan bertutur lembut kepada penduduk mekkah, diantara Beliau
berkata “ Siapa yang memasuki rumah Abu Sofyan maka menjadi aman” padahal
sebelumnya Abu sofyan musuh islam yang sangat mempunyai pengaruh, lalu masuk
islam dan diikuti oleh pengikutnya. Dalam peristiwa lain Rasul pernah berkata “
Siapa yang mengganggu kafir Zimmi ( non muslim yang hidup ditengah komonitas
pemerintahan muslim tetapi mereka membayar pajak) sama saja dia
menggangguku.Peringatan ini mengindikasikan Rasul menghargai hak hidup orang
lain, walaupun berbeda keyakinan
Dalam berinteraksi antar manusia ( sosial
interaction- muamalah ) islam bergitu menghargai hak manusia contohnya
dalam hidup betetangga atau menerima tamu begitu tinggi perhargaan itu
diberikan bahkan menjadi ukuran kemimanan seorang terhadap Allah SWT dan hari
kiamat.Seperti yang sabdakan dalam sebuah hadist.Islam melarang bertindak yang
dapat mengganggu ketenangan atau kenyamanan hidup tetangganya.Disamping itu
pula islam mengajarkan kepada umatnya menghormati tetamu dengan memberikan
haknya,
من
كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم جاره ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم
ضيفه
Artinya
: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka mulyakanlah
tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka
hormatilah tetamunya. ( Jalaluddin, 1989, p.46)
.
المؤمن للمؤمن
كاالبنيان يشد بعضه بعضا وسبك بين اصابعه
Artinya
: Seorang mu’min dengan mu’min lainnya laksana sebuah bangunan yang lain
menguatkan yang lainnya bagaikan menyatunya diantara jari jemari (Abdul Ghoni
Asyukur,1992, p.85)
Islam sangat membela hak hidup manusia, ketika
Rasul dengan para sehabat mencari solusi terhadap tawanan perang badar
bagaimana menyelesaikanya . Ada yang mengusulkan suapaya dibunuh saja, ditebus
tetapi dengan harga yang tinggi dan banyak pendapat lain yang intinya kurang
baik dari konteks hak asasi manusia.Namun Saidina Ali Mengusulkan agar tawanan
ini tetap diberi hak hidupnya dengan cara setiap tawananan harus mengajarkan
sepuluh orang muslim tentang ilmu pengetahuan atau ketrampilan. Proklamator
Indonesia Bung Karno menolak penindasan manusia diatas manusia, bangsa atas
bangsa (exploitation de I’homme par I’homme, exploitation de nation par
nation) (Hasyim Muzadi, 2016, p.1)
Sabda
Rasulallah SAW
من قتل نفسا معاهدا لم يرح رائحة الجنة
وان ر يحها لوجد من مسيرة اربعين عما ( راوه البحر واترمذى)
Artinya : Barang siapa membunuh Ma’ahad
( kapir yang telah mengadakan perjanjian dengan orang muslim) maka dia tidak
akan mendapati baunya surga susungguhnya baunya surga itu sudah tercium selama
perjalanan empat puluh tahun ( HR Al Bahr dan Turmidzi.)
Semakin kita pahami bahwa islam sangat
menghargai hak hidup manusia, itu
artinya nilai-nilai hak asasi manusia dijunjung tinggi oleh ajaran islam, karena
itu fitrah bagi setiap manusia yang semua orang harus menghormati, menjamin dan
memberikan keleluasaan kapan dan dimana saja mereka berada.Dewasa ini sering
kita jumpai tindakan pelanggaran hak asasi manusia dengan dalih kepentingan
umum berlatar belakang politik, bisnis, kekuasaan atau hukum.Banyak rakyat
menjadi korban bukan saja kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian terkadang
dirinya menjadi korban termasuk nama baik.Banyak kasus di negara kita yang
sampai sekarang tidak pernah selesai kasusnya, walaupun sudah sering berganti pemerintahan.Hal ini
terjadi karena masih minimnya kesadaran masyarakat tentang pelanggaran hak
asasi manusia.Menurut pandangan islam perbuatan ini bagian dari kesalahan yang
menyangkut hak adami yang tidak bisa dimaafkan kecuali sudah mendapat maaf dari
orang yang pernah dirampas hak asasinya, bahkan berdampak negatif diakhirat
nanti. Oleh karena itulah islam sangat menyoroti dan sangat memperhatikan hak
asasi manusia dalam banyak aspek kehidupan manusia.
PENUTUP
Setelah
penulis memaparkan Pandangan Islam tentang nilai hak asasi manusia menurut pandangan
islam yakni Al Qur’an dan Hadist maka disini dapat penulis simpulkan bahwa ada
lima nilai Hak asasi manusia yang esensial dan sangat mendasar dalam kehidupan
manusia yaitu
1.
Penghormatan terhadap kebebasan
beragama ( hifdzul dien )
2.
Penghormatan terhadap kebebasan
kepemilikan harta ( hifdzul maal)
3.
Penghormatan terhadap kebebasan
keselematan jiwa (hifdzul nafsi)
4.
Penghormatan terhadap kebebasan
berpikir ( hifdzul aqli)
5.
Penghormatan terhadap menjaga
keturunan ( hifdzul nasal)
Karena
itu, nilai-nilai hak asasi manusia dengan prinsip-prinsipnya yang universal
adalah bagian dari semangat dan nilai syariah, keduanya tidak perlu
dipertentangkan, semuanya membentuk sinergitas yang harmonis.Pembentukan itu cuma
bisa diperoleh malalui proses pendidikan yang terstruktur yang dibarengi dengan
contoh dan keteladanan secara komprehensif, sehingga kelima nilai tersebut
diatas yang merupakan hak setiap manusia yang harus dilindungi dan dihormati
tanpa melihat status sosial, agama, pendidikan, keturunan, bangsa kapan dan
dimanapun mereka berada.Dengan demikian untuk menyadarkan manusia betapa
mendasarnya hak asasi manusia maka di perlukan pengenalan pendidikan hak asasi
manusia tersebut sedini mungkin bagi setiap anak bangsa agar kelak ketika dewasa mereka sudah terbiasa menjalani hidup
ini tanpa mengorbankan kepentingan orang lain dalam bentuk apapun.
Daftar Referensi
Departeman
Agama, (1999) Al Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Bulan Bintang
As Suyuti,
Jalaluddin,(1989) Jami’ Shogier, Beirut: Daar al-Fikri,dibaca pula di Shohih-
Muslim hadist 4684
Asyukur, Abdul
Ghoni, (1992) Kumplan Hadis Pilihan (Sohihain), Semarang: Husaini
N.Bellah, Robert,
Beyond Belief, ( 1976 ) New York: Edisi Paper Black
Mahali,
Jalaluddin dan al-Suyuti, (1981) Jalaluddin, Tafsir Jalalain,Beirut:
Daar al Fikri
Haikal, Husein, (1990)
Sirah Nabawiyah, Kairo: Maktabah al Awaliyah
Ar Ridho,
Rasyid, Minal Syu’ub wal qaba’il
Syaltut, Mahmud,
(1996) Islam wal Syariah, Cairo: Daar al Kalam
Muzadi, Hasim (
2016) Harian Republika, Jakarta : Mahaka Group
Biografi
Penulis
Abd.Basit anak
kesembilan dari pasangan H.Kosim Usman dan Hj.Seinah Thabrani lahir di Jakarta
10 Agustus 1959.
Mengawali Pendidikan di
Sekolah Diniyah Al Huda dan Sekolah Dasar Grogol Utara di Jakarta.Menyelesaikan
Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Pendidikan Agama Islam
tahun 2002, kemudian melanjutkan jenjang Pasca Sarjana (S2) pada Univeritas
yang sama selesai tahun 2010 kosentrasi Pendidikan Agama, sekarang sedang meneyelesaikan
Program doktor (S3) kosentrasi Manajemen Pendidikan Islam.
Pengalaman kerja:
Sejaka tahun 2007 sampai sekarang menjadi Dosen tetap FAI di Universitas
Muhammadiyah jakarta dan Dosen tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan
Bisnis Indosnesia. Pernah menjadi wartawan dan penulis di berbagai surat kabar.
Disamping aktif berorganisasi profesi atau sosial kemasyrakatan.Menjadi
pembicara di berbagai kegiatan pendidikan baik formal dan non formal.
Abd.Basit
Universitas Muhammadiyah Jakarta,
Indonesia
e-mail :Ibnqosim@gmail.com
Abstrak
Setiap
manusia pasti memiliki sesuatu yang sangat mendasar dalam dirinya yang tidak
ingin dibatasi oleh orang lain apapun bentuknya, yakni Hak Asasi Manusia. Dalam
ajaran Islam dengan segala konsekuensi, Hak Asasi Manusia begitu mendapat
perhatian besar dan sangat dihormati,termasuk dalam urusan ibadah. Pada
dasarnya pelanggaran hak asasi manusia dilatarbelakangi oleh ego pribadi dan
kesombongan atau merasa mempunyai kekuatan yang lebih terhadap orang atau
bangsa lain, dengan dalih membela diri atau penegakkan demokrasi.. Kondisi ini
bisa diperbaiki dengan cara menanamkan dan meperkenalkan pendidikan hak asasi
manusia sejak dini . Inilah didikan yang terus dikampanyekan oleh Islam sepanjang masa yang diperankan
oleh Nabi Muhammad beserta para sehabatnya.Fakta ini bisa dilihat dalam sejarah
Perjanjian Hudaibiyah, peristiwa Hijrah,
Pathu Makah atau Piagam Madinah Semua peristiwa tersebut penuh dengan
nilai-nilai pembelajaan Hak Asasi manusia, bahkan para sejarawan dunia
mengatakan peristiwa itu jauh lebih moderen dengan peradaban manusianya.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengenalan, Hak
Asasi Manusia, Pandangan Islam
Introduction
of Human Rights Studies in Islam
Abstract
There should be something very principal
in every human being possesses that could not be bordered. We call it as a
human rights. In Islamic studies, human rights has a very special and respected
place, including when it comes to conduct the deeds or prayers. On its very
basic, these happen due to our selfishness and conceit that lead us to feel
more powerful and at the end making them as self defense in order to enforce
the democracy.This could be fixed by implementing and introducing human rights
studies from th early age. This is the spirit that Islam brings to campaigned
at the time our Prophet Muhammad. The empirical facts about how Islami puts
human rights in a very righteous place on its laws could be seen on Hudaibiyah
Agreement, The Hijrah, Fathu Makkah, and Madina Pact. Those facts are perfect
examples the world hostorians to said that human rights enforcement has been
treated more modern than its human civilization on its time.
Keywords:
Introduction, Human Rights, Studies, Islam
I
|
PENDAHULUAN
slam
adalah agama samawi yang diciptakan
Allah SWT dan telah disampikan oleh para Rasul untuk kepentingan manusia
baik yang berhubungan dengan urusan dunia atau akhirat, sehingg ajaraan dan
nilai yang ada dalam islam tidak ada yang bertentangan dengan fitrah manusia
itu sendiri sebagai khalifah baik bagi dirinya terlebih orang lain
واذ قال ربك للملاءكة اني جاعل فى الارض
خليفة
Artinya Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada
malaikat Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah muka bumi ini.( Q.S. Al
Baqoroh,30)
Manusia merupakan mahluk sempurna karena
dalam dirinya ada unsur akal, hawa nafsu dan hati sebagai alat kontrol yang
netral. Penciptaan manusia mempunyai
tugas dan misi khusus.Mereka diberikan kebebasan dan kepercayaan untuk memilih
hidup dengan inisiatif, kreatif serta inovatif sebagai khalifah.Itulah
nilai-nilai Hak asasi manusia. Tetapi tetap ada tanggungjawab dan konsekwensi
setalah kematian, karena mereka telah diberikan ajaran dan tuntunan hidup
melalui para Rasul.
Islam hadir ditengah umat manusia
sebagai agama rahmat tanpa perbedaan hak. dan
mengembalikan hak hidup orang lain, itulah yang kita kenal dengan Hak Asasi
Manusia. . Elemen-elemen ini terdapat dalam sumber Islam. Memang Al Qur’an
tidak berbicara spesifik tentang hak
asasi manuisa. Dalam Al Qur’an dibicarakan tentang keadilan, musyawarah, saling
menolong, menolak diskriminasi, menghormati kaum wanita, kejujuran, pendidikan,
bertetangga .Rincian atas konsep-konsep itu tertuang dalam Al Qur’an dan Hadis,
bahkan banyak juga para ulama yang berbicara masalah hak asasi manusia dengan
kajian interpertasi yang beragam dari satu ulama terhadap yang lainnya
khususnya yang terjadi pada tradisi tafsir. Karena itu nilai-nilai adalah kelanjutan dari prinsip-prinsip ajaran
islam diatas.Perbedaan antara syari’ah dan konsep hak asasi manusia terjadi
pada aspek-aspek rinci (furu’iyah) sehingga secara prinsipil tidak ada
problem.(Muhammad Syaltut, 1996, p.453)
Kemudian Pandangan islam tentang hak
asasi manusia terbukti melalui da’wah Rasul yang tidak pernah memaksa,
menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, menghormati keyakinan orang
lain, memberikan hak hidup yang sama sebabagai warga negara dan hak-hak hidup
lain insani yang melekat. Dalam Al Qur’an ditegaskan manusia dan jin
diciptakan cuma untuk ibadah kepada
Allah SWT. Kemudian untuk melaksanakan perintah tersebut manusia mendapatkan
sejumlah hak, dan hak itu diberikan oleh syariat.Berarti menurut Islam hak-hak
manusia itu pemberian syariat bukan alami
وما
خلقت الجن والانس الا ليعبدون
Artinya
: Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada KU(
Q.S.Az Zariyat, 56)
Adanya perbedaan yang mendasar antara
gagasan yang mendasari Universal Declaration of
Human Rights 1948 dan pengertian Islam tentang hak asasi manuisa tampak
jelas dari banyak perbedaan antara bunyi pasasi-pasal UDHR dengan pasal-pasal
deklarasi Kairo tentang Hak Azasi Manusia dalam Islam, rumusan Organisasi
Konpersi Islam (OKI). Misalnya, pasal 26 dari deklarasi kairo menyatakan bahwa
kebebasan dan semua hak perorangan yang disebutkan dalam deklarasi itu tergantung kepada pembenaran/pengukuhan dari
syariat.Tetapi kadar perbedaan itu masih tergantung kepada bagaimana pendekatan
kita terhadap Al Qur’an dan Sunah, pendekatan tekstual atau pendekatan
kontekstual.
A.Sejarah Hak Asasi Manusia
Secara normatif historis pemublikasian secara internasioanl
hak asasi manusia dirumuskan oleh Perserikatan bangsa-bangsa dalam sebuah
deklarasi yang kemudian populer dengan sebutan Deklarasi Hak Asasi Manusia
universal ( Universal Declaration of Human Rights) tertanggal 10 Desember 1948,
dengan didukung oleh 48 negara berdaulat.Secara komprehensif Rasyid Ridho
menulis dalam karyanya Minal Syu’ub wal Qaba’il dari pandangan Al Qur’an
tentang hak asasi manusia guna mengimbangi negara barat bicara masalah hak
asasi manusia dengan banyak versi.
Hal ini juga mendapat respon dan
tanggapan sejumlah anggota PBB pada saat itu dengan tujuan agar ada aturan
standar tentang hak asasi manusia bagi bangsa yang mengalami tindasan dan
jajahan yang sebelumnya hampir tidak ada yang peduli ketika suatu negara
dijajah oleh bangsa lain, baik perebutan dan penjajahan pisik, ekonmoi, sosial
budaya, atau ilmu pengetahuan bahkan pada keyakinan. Dengan terbitnya Deklarasi
PBB yang berisi 30 pasal yang mempunyai substansi menjungjung tinggi martabat
manusia baik secara individu atau kelompok dalam skala nasional atau
internasional. Dengan terbitnya deklarasi tersebut maka suatu bangsa tidak bisa
lagi seenaknya merebut dan mengganggu hak dan kebebsan yang dinikmati secara
individu tanpa memandang ras,warna kulit, jenis kelamin, bahasa,agama, bahkan
pada opini politik dan social.
.
B. Nilai-nilai Ham dalam Syari’ah
a. Menurut Pandangan Al Qur’an
Dalam pandangan islam kebebasan memilih
hidup adalah hak setiap manusia yang tidak dapat diintervensi oleh siapapun,
termasuk persoalan keyakinan. Namun begitu bukan berarti islam membiarkan
manusia hidup tanpa arah dan tujuan dengan menuruti kata hati dan nafsu. Dalam
hal ini Allah SWT sebagai pencipta manusia sudah menurunkan agama dengan kitab
sucinya sebagai pedoman hidup yang dijelaskan oleh para Rasul sesuai dengan
zaman dan kondisinya.Islam adalah agama yang dibawa oleh para Rasul diperuntukkan
untuk kepentingan manusia secara komprehensif.Konsep yang terdapat dalam Islam
seperti tentang ibadah, akidah,muamalah dan akhlaq.Semuanya mengatur
hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan
antar manusia ( hamblum minal Allah dan hamblum ninan nas ). Kedua hak
ini tidak dapat dipisahkan, harus diberikan dan dilaksanakan sesuai aturan
syariat.Inilah salah satu perbedaan antara konsep hak asasi manusia menurut
Islam dengan konsep hak asasi manusia yang ditawarkan oleh negara dengan
persfektif barat.Islam memandang hak asasi manusia adalah fitrah,harus
ditegakkan tanpa melihat status sosial. Tetapi barat mendekrelasikan hak asasi
manusia masih dilatarbelakangi subyektifitas kepentingan dan kekuasaan
negara-negara super power dampaknya sering terjadi pelanggaran hak asasi
manusia tanpa adanya penyelesaian, ironisnya tetap berlangsung, walaupun banyak
negara mengecamnya.
Tidak sedikit jumlah mereka yang
menentang bahkan melawan aturan yang telah dibuat oleh Allah SWT. tetapi islam
tetap tidak memaksa manusia, walaupun sebenarnya Allah SWT punya hak dan mampu
memaksa manusia menerima ajaran islam. Dalam Al Qur’an ditegaskan
ولوشآء
ربك لآمن من فى الأرض كلهم جميعا افأنت تكره الناس حتى يكونوا مؤمنون
Artinya
: Dan jika Tuhanmu menghendaki tentulah beriman semua orang yang di muka
bumi seluruhnya, Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka
menjadi orang-orang yang beriman semuanya.( Q.S. Yunus, 99 )
. Manusia diberikan kebebasan menuruti
kehendaknya bahkan tidak ada dikriminasi hak untuk memilih jalan hidupnya.,seperti firman Allah
SWT. dalam surah kahfi
ومن
شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر
Artinya : Barang siapa yang ingin
(beriman) maka hendaklah dia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir)
biarlah dia kafir ( Q.S.Kahfi,29)
Dalam kitab tapsir Jalalain yang begitu
dihormati dikalanngan para mufasir Imam Suyuti membuat tekanan sentral yang
lebih memperjelas ayat ini dengan mengatakan “ hendak kau paksa jugakah orang
untuk melakukan apa yang Allah sendiri tidak ingin melakukannya terhadap mereka
(Jalaluddin Mahali,& Jalaluddin as-Suyuti.1981 p.99) Penegasan Jalalain dapat mempertegas bahwa
usaha untuk menyamakan semua perbedaan semua umat manusia adalah sebuah
tindakan pelanggaran hak asasi manusia. Ini juga menunjukkan bahwa dengan
perbedaan manusia didorong untuk saling menolong dan bekerjasama.Karena itu,
sikap menghargai atas perbedaan di antara manusia adalah sikap primodial yang
tumbuh secara organik sejak islam diserukan kepada umat manusia 1500 tahun yang
lalu.
Islam menempatkan diri dengan mengakui
adanya perbedaan yang sangat asasi dalam diri manusia. Seperti apa yang didapat
di dalam nilai islam bahwa Rasul tidak diperbolehkan memaksa manusia untuk
menjadikan muslim yang hidup berada disekitarnya ( komonitas makah-madinah
atau umat rasul lainnya ) Mereka
para Rasul cuma berkewajiban menyampaian Agama Allah SWT untuk
kehidupan manusia dan alam
sekitar.
ليس
عليك هداهم ولكن الله يهدى من يساء
Artinya : Bukan
tugasmu ( hai Rasul ) memberi petunjuk kepada mereka ,Tetapi Allah yang memberi
petunjuk kepada siapapun yang dikenedakinya ( Q.S Baqoroh, 272)
Nampak jelas bahwa islam sangat
menjunjung tinggi Nilai-nilai Hak Asasi Manusia pada soal yang sangat mendasar seperti
keyakinan (aqidah) termasuk interaksi antar manusia (muamalah). Islam
melarang penguasaan komoditi atau barang yang menjadi hajat dan keperluan orang
banyak. Lebih dari itu, peredaran uang tidak merata karena akan menumpuk pada
kelompok bermodal saja.Tentu saja hal ini akan mengundang ketidakstabilan
ekonomi dalam suatu negara
كي
لايكون دولة بين الأغنياء منكم
Artinya
: Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja (Q.S. Al Hasyr.7)
Bagi
penerima zakat (mustahiq)
dari berbagai macam
lapisan masyarakat, semua merasa diperhatikan dan diberikan haknya sesuai
dengan porsinya, tidak ada yang dibedakan. Artiya tidak ada pelanggaran hak
asasi manusia, karena telah terjadi pemerataan secara adil.Dengan demikian
telah terjadi peredaran uang yang merata.Bahkan Islam melarang menyimpan atau
mengusai barang komoditi yang menjadi bahan pokok dan hajat orang banyak dengan
harapan memeperolah keuntungan besar, termasuk eksploitasi tenaga kerja dengan
gaji dibawah upah minimum regional, dengan memperkerjakan anak-anak dibawah
umur.
انما
الصدقة للفقراء والمسكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين
وفى سبيل لله وابن السبيل
Artinya
: Sesungguhnya Zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,orang-orang
miskin, pengurus-pengurus zakat, para mua’llaf yang dibujuk hatinya, untuk
memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan
orang-orang yang sedang dalam perjalaan
(Q.S Al Taubah. 60 )
Pemahaman Insan tentang hak asasi
manusia tidak serta merta datangnya, tetapi memerlukan proses pendidikan dan
pembiasaan baik formal atau non formal. Karena pada persoalan hak asasi manusia
yang bicara adalah hati dan naluri, bukan ilmu eksak yang serba pasti. Oleh
karena itu membutuhkan figur yang menjadi panutan.Dalam Islam Rasulallah SAW
adalah figur yang menjadi rujukan para sehabat ketika bicara dan implementasi
hak asasi manuisa. Maka para sehabat begitu menghormati hak asasi manusia bahkan
sampai tabiit tabiien.Mereka lebih mengedepankan hak orang lain meskipun harus
menanggung resiko pribadi.
b. Menurut
Hadist
Dalam sejarah banyak kita temui
peristiwa bahwa islam sangat menghargai hak asasi manusia baik yang berhubungan
dengan kehidupan sosial, politik,ekonomi bahkan dalam keyakinan. Salah satu
contoh Piagam Madinah yang terdiri dari 47 point merupakan konstitusi atau
undang-undang bagi negara islam yang pertama didirikan oleh Rasulallah SAW
sebagai pedoman perilaku sosial (Husein Haikal, 1990) Penduduk madinah tidak
dipaksa untuk menerima islam, karna itu wilayah keyakinan.Ketika Rasulallah
membangun perekonomian umat islam madinah yang dimotori oleh sehabat Jubair ibn
Awam mengalami kemajuan pesat, tetapi mereka tetap berinteraksi soal barang
dagangan.Penomena piagam madinah dengan memberi hidup berdampingan dan bersama
membangun tata kehidupan sosial menimbulkan decak kagum dari sosiolog moderen
terkemuka berkebangsaan amerika,yaitu Robert N Bellah yang menyatakan bahwa
kehidupan madinah yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia terlampau
moderen untuk ukuran sezaman itu (Robert N.Bellah, 1976 )
Ada Peristiwa lain ketika terjadi Fathun
Mekkah (Kembalinya Rasul dan sehabat ke makkah ) banyak penduduk
mekkah terutama yang belum menerima islam merasakan ketakutan yang sangat takut
dan merasa ada pembalasan dari umat islam .Rasulallah SAW datang bersama
pasukan besar dan sangat kuat. Ketakutan itu sama sekali tidak terbukti,karena
Rasul bersama sehabatnya tidak melakukan tindakan pembalasan dan kekerasan,
bahkan mengayomi dan bertutur lembut kepada penduduk mekkah, diantara Beliau
berkata “ Siapa yang memasuki rumah Abu Sofyan maka menjadi aman” padahal
sebelumnya Abu sofyan musuh islam yang sangat mempunyai pengaruh, lalu masuk
islam dan diikuti oleh pengikutnya. Dalam peristiwa lain Rasul pernah berkata “
Siapa yang mengganggu kafir Zimmi ( non muslim yang hidup ditengah komonitas
pemerintahan muslim tetapi mereka membayar pajak) sama saja dia
menggangguku.Peringatan ini mengindikasikan Rasul menghargai hak hidup orang
lain, walaupun berbeda keyakinan
Dalam berinteraksi antar manusia ( sosial
interaction- muamalah ) islam bergitu menghargai hak manusia contohnya
dalam hidup betetangga atau menerima tamu begitu tinggi perhargaan itu
diberikan bahkan menjadi ukuran kemimanan seorang terhadap Allah SWT dan hari
kiamat.Seperti yang sabdakan dalam sebuah hadist.Islam melarang bertindak yang
dapat mengganggu ketenangan atau kenyamanan hidup tetangganya.Disamping itu
pula islam mengajarkan kepada umatnya menghormati tetamu dengan memberikan
haknya,
من
كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم جاره ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم
ضيفه
Artinya
: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka mulyakanlah
tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka
hormatilah tetamunya. ( Jalaluddin, 1989, p.46)
.
المؤمن للمؤمن
كاالبنيان يشد بعضه بعضا وسبك بين اصابعه
Artinya
: Seorang mu’min dengan mu’min lainnya laksana sebuah bangunan yang lain
menguatkan yang lainnya bagaikan menyatunya diantara jari jemari (Abdul Ghoni
Asyukur,1992, p.85)
Islam sangat membela hak hidup manusia, ketika
Rasul dengan para sehabat mencari solusi terhadap tawanan perang badar
bagaimana menyelesaikanya . Ada yang mengusulkan suapaya dibunuh saja, ditebus
tetapi dengan harga yang tinggi dan banyak pendapat lain yang intinya kurang
baik dari konteks hak asasi manusia.Namun Saidina Ali Mengusulkan agar tawanan
ini tetap diberi hak hidupnya dengan cara setiap tawananan harus mengajarkan
sepuluh orang muslim tentang ilmu pengetahuan atau ketrampilan. Proklamator
Indonesia Bung Karno menolak penindasan manusia diatas manusia, bangsa atas
bangsa (exploitation de I’homme par I’homme, exploitation de nation par
nation) (Hasyim Muzadi, 2016, p.1)
Sabda
Rasulallah SAW
من قتل نفسا معاهدا لم يرح رائحة الجنة
وان ر يحها لوجد من مسيرة اربعين عما ( راوه البحر واترمذى)
Artinya : Barang siapa membunuh Ma’ahad
( kapir yang telah mengadakan perjanjian dengan orang muslim) maka dia tidak
akan mendapati baunya surga susungguhnya baunya surga itu sudah tercium selama
perjalanan empat puluh tahun ( HR Al Bahr dan Turmidzi.)
Semakin kita pahami bahwa islam sangat
menghargai hak hidup manusia, itu
artinya nilai-nilai hak asasi manusia dijunjung tinggi oleh ajaran islam, karena
itu fitrah bagi setiap manusia yang semua orang harus menghormati, menjamin dan
memberikan keleluasaan kapan dan dimana saja mereka berada.Dewasa ini sering
kita jumpai tindakan pelanggaran hak asasi manusia dengan dalih kepentingan
umum berlatar belakang politik, bisnis, kekuasaan atau hukum.Banyak rakyat
menjadi korban bukan saja kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian terkadang
dirinya menjadi korban termasuk nama baik.Banyak kasus di negara kita yang
sampai sekarang tidak pernah selesai kasusnya, walaupun sudah sering berganti pemerintahan.Hal ini
terjadi karena masih minimnya kesadaran masyarakat tentang pelanggaran hak
asasi manusia.Menurut pandangan islam perbuatan ini bagian dari kesalahan yang
menyangkut hak adami yang tidak bisa dimaafkan kecuali sudah mendapat maaf dari
orang yang pernah dirampas hak asasinya, bahkan berdampak negatif diakhirat
nanti. Oleh karena itulah islam sangat menyoroti dan sangat memperhatikan hak
asasi manusia dalam banyak aspek kehidupan manusia.
PENUTUP
Setelah
penulis memaparkan Pandangan Islam tentang nilai hak asasi manusia menurut pandangan
islam yakni Al Qur’an dan Hadist maka disini dapat penulis simpulkan bahwa ada
lima nilai Hak asasi manusia yang esensial dan sangat mendasar dalam kehidupan
manusia yaitu
1.
Penghormatan terhadap kebebasan
beragama ( hifdzul dien )
2.
Penghormatan terhadap kebebasan
kepemilikan harta ( hifdzul maal)
3.
Penghormatan terhadap kebebasan
keselematan jiwa (hifdzul nafsi)
4.
Penghormatan terhadap kebebasan
berpikir ( hifdzul aqli)
5.
Penghormatan terhadap menjaga
keturunan ( hifdzul nasal)
Karena
itu, nilai-nilai hak asasi manusia dengan prinsip-prinsipnya yang universal
adalah bagian dari semangat dan nilai syariah, keduanya tidak perlu
dipertentangkan, semuanya membentuk sinergitas yang harmonis.Pembentukan itu cuma
bisa diperoleh malalui proses pendidikan yang terstruktur yang dibarengi dengan
contoh dan keteladanan secara komprehensif, sehingga kelima nilai tersebut
diatas yang merupakan hak setiap manusia yang harus dilindungi dan dihormati
tanpa melihat status sosial, agama, pendidikan, keturunan, bangsa kapan dan
dimanapun mereka berada.Dengan demikian untuk menyadarkan manusia betapa
mendasarnya hak asasi manusia maka di perlukan pengenalan pendidikan hak asasi
manusia tersebut sedini mungkin bagi setiap anak bangsa agar kelak ketika dewasa mereka sudah terbiasa menjalani hidup
ini tanpa mengorbankan kepentingan orang lain dalam bentuk apapun.
Daftar Referensi
Departeman
Agama, (1999) Al Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Bulan Bintang
As Suyuti,
Jalaluddin,(1989) Jami’ Shogier, Beirut: Daar al-Fikri,dibaca pula di Shohih-
Muslim hadist 4684
Asyukur, Abdul
Ghoni, (1992) Kumplan Hadis Pilihan (Sohihain), Semarang: Husaini
N.Bellah, Robert,
Beyond Belief, ( 1976 ) New York: Edisi Paper Black
Mahali,
Jalaluddin dan al-Suyuti, (1981) Jalaluddin, Tafsir Jalalain,Beirut:
Daar al Fikri
Haikal, Husein, (1990)
Sirah Nabawiyah, Kairo: Maktabah al Awaliyah
Ar Ridho,
Rasyid, Minal Syu’ub wal qaba’il
Syaltut, Mahmud,
(1996) Islam wal Syariah, Cairo: Daar al Kalam
Muzadi, Hasim (
2016) Harian Republika, Jakarta : Mahaka Group
Biografi
Penulis
Abd.Basit anak
kesembilan dari pasangan H.Kosim Usman dan Hj.Seinah Thabrani lahir di Jakarta
10 Agustus 1959.
Mengawali Pendidikan di
Sekolah Diniyah Al Huda dan Sekolah Dasar Grogol Utara di Jakarta.Menyelesaikan
Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Pendidikan Agama Islam
tahun 2002, kemudian melanjutkan jenjang Pasca Sarjana (S2) pada Univeritas
yang sama selesai tahun 2010 kosentrasi Pendidikan Agama, sekarang sedang meneyelesaikan
Program doktor (S3) kosentrasi Manajemen Pendidikan Islam.
Pengalaman kerja:
Sejaka tahun 2007 sampai sekarang menjadi Dosen tetap FAI di Universitas
Muhammadiyah jakarta dan Dosen tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan
Bisnis Indosnesia. Pernah menjadi wartawan dan penulis di berbagai surat kabar.
Disamping aktif berorganisasi profesi atau sosial kemasyrakatan.Menjadi
pembicara di berbagai kegiatan pendidikan baik formal dan non formal.
Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,
BalasHapusSetelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan
Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.
Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,
Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.
Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,
BalasHapusSetelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan
Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.
Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,
Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.
Nama saya Suyono Ratha, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu uang Anda, saya meminta pinjaman sebesar Rp750, 000,000, 00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan Rp25.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,
BalasHapusPada 12 Januari 2020, teman saya KABU-LAYU di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari ACCESS LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah percaya sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasinya dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan begitu banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.
Semoga Tuhan memberkati Ny. MARIA ALEXANDER atas apa yang telah dia lakukan pada saya dan keluarga saya, saya memberi tahu teman-teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. 750.000.000.00 Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan
Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya KABU-LAYU yang membuat saya mendapat pinjaman untuk appriciations dan saya juga memperkenalkan banyak orang kepada Ibu MARIA ALEXANDER ibu yang baik berharap mereka juga mendapatkan pinjaman tanpa penundaan ..Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya menghubungi seorang ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan memberikan bukti niat baik ibu yang baik.
jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang pantas yang membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
Mrs. MARIA ALEXANDER via EMAIL: (mariaalexander818@gmail.com) (Whatsapp: + 1 651-243-8090)
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: suyonoratha@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi teman saya KABU-LAYU melalui EMAIL-nya: kabulayu18@gmail.com
terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan dan kemakmuran.
Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,
BalasHapusSetelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan
Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.
Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,
Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.
Selamat siang semuanya !!!
BalasHapusNama saya adalah Tuan Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahukan namanya kepada World dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman. Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya
Sampai saya melihat pos ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak akan mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu saya tetapi mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp. 300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu Maria Alexander kata-katanya, melalui email: (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang menginginkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via
email: (mariaalexander818@gmail.com)
whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)
Anda dapat menghubungi saya Mrs. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)
Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther
BalasHapusSaya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com
Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.
Salam untuk kalian semua. Nama saya Agus Santoso, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena banyak sekali penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua memiliki untuk berhati-hati
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya mengajukan pinjaman 250 juta. Saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya mengalami lebih banyak kesulitan keuangan karena saya meminjam untuk membayar sebagian biaya setelah menghabiskan dana saya. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan teman saya untuk merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Helen Wilson, seorang ibu yang luar biasa, yang meminjamkan saya pinjaman 250 juta tanpa jaminan dalam waktu 24 jam tanpa tekanan pada tingkat bunga 2%.
Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dicairkan langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: helenwilson719@gmail.com
dan dengan rahmat Allah dia tidak akan mengecewakan. jika Anda mematuhi perintah-perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: agsantoso576@gmail.com
dan teman saya yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Bu Helen Wilson, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Helen Wilson, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (wahyusaptohandoko256@gmail.com) sekarang,
Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya. Anda masih bisa mengobrol, ibu yang baik, Nomor WhatsApp; +1-585-326-2165
mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua
Nama saya Agus Santoso
Pinjaman saya 250 juta
KEUANGAN WEMA
email: helenwilson719@gmail.com
WA: +1-585-326-2165
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh